Sistem Informasi Direktorat Kelembagaan dan Kerja Sama
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Penggunaan system online silemkerma
1. Tanya :
Siapa yang dapat mengusulkan pendirian PT dan perubahan bentuk PT ?
Jawab :
Masyarakat dapat mengajukan pendirian perguruan tinggi baru melalui badan penyelenggara ( yayasan / perkumpulan / persyarikatan )
2. Tanya :
Siapa yang dapat mengusulkan penambahan program studi baru ?
Jawab :
Yang dapat mengusulkan penambahan program studi baru adalah perguruan tinggi yang telah mendapatkan ijin dan terdaftar di pangkalan data perguruan tinggi
3. Tanya :
Apabila akan mengusulkan perubahan bentuk PT sekaligus penambahan prodi pada PT yang sama, siapa yang mengajukan pengusulan ?
Jawab :
Yang mengusulkan adalah badan penyelenggara ( yayasan / perkumpulan / persyarikatan ) yang menyelenggarakan PT tersebut, dalam salah satu tahapan usulannya adalah mengusulkan proposal pembukaan program studi baru
4. Tanya :
Bagaimana cara mendapatkan akun login perguruan tinggi ?
Jawab :
Klik menu "Daftar Akun pengusul -> perguruan tinggi", isi data email, password kode perguruan tinggi dan unggah surat permohonan akun dari pimpinan perguruan tinggi (Rektor/ketua/direktur), tunggu email aktivasi dari admin Silemkerma
5. Tanya :
Bagaimana cara mendapatkan akun login badan penyelenggara ?
Jawab :
Klik menu "Daftar Akun Pengusul -> Badan Penyelenggara", isi data badan hukum, No Akta Notaris, No Pengesahan dari Kemenkumham, email, password dan unggah surat permohonan akun dari pimpinan badan penyelenggara (PDF), tunggu email aktivasi dari admin Silemkerma
6. Tanya :
Mengapa kami tidak dapat email pemberitahuan aktivasi akun login silemkerma ?
Jawab :
Setelah melakukan daftar akun, dalam 2 x 24 jam admin silemkerma melakukan pengecekan surat permohonan dan mengaktifkan akun, apabila di inbox email tidak ada, coba periksa folder "SPAM" / "BULK"
7. Tanya :
Ketika mendaftarkan akun perguruan tinggi, ada pemberitahuan PT anda sudah terdaftar, padahal kami baru mau mendaftarkan akun PT kami ?
Jawab :

Untuk satu perguruan tinggi hanya mendapatkan satu user dan password atas nama Institusi (diketahui oleh pemimpin Institusi), untuk itu silakan berkoordinasi dengan pimpinan PT mengenai kepemilikan akun dan proses pengusulan silemkerma.dikti.go.id.

Jika Saudara ingin mengganti email atau password, silahkan mengirimkan surat resmi dari Pemimpin Perguruan Tinggi yang ditujukan pada Direktur Kelembagaan dan Kerja Sama di alamat Gedung D Lantai 6 Jln. Raya Jend Sudirman Pintu I Senayan Jakarta 10270 dan scan dikirim ke email silemkerma@dikti.go.id.

8. Tanya :
Kami telah mendaftar secara online, namun tidak bisa login. Selalu keluar pertanyaan salah pasword atau email, bagaimana ?
Jawab :
Mohon dipastikan bahwa email dan password yang Saudara masukkan sudah sesuai dengan yang Saudara masukan pada saat mendaftarkan akun, dan pastikan juga bahwa Saudara telah mendapatkan email aktivasi pendaftaran yang telah dikirimkan ke Email Registrasi Saudara pada folder inbox/spam/bulk/junk
9. Tanya :
Apa tipe file untuk dokumen yang diunggah ?
Jawab :
Semua dokumen yang diunggah harus dalam format PDF
10. Tanya :
Mengapa usulan kami tidak bisa di klik "Finish" ?
Jawab :
Ada tahapan atau dokumen yang belum selesai diunggah
11. Tanya :
Mengapa usulan kami tertulis status "Belum Lengkap" ?
Jawab :
Ada tahapan atau dokumen yang belum selesai diunggah, klik "Lengkapi" untuk menyelesaikan tahapan pengusulan