SISTEM INFORMASI DIREKTORAT PENGEMBANGAN KELEMBAGAAN PERGURUAN TINGGI

DIREKTORAT JENDERAL KELEMBAGAAN IPTEK dan DIKTI

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi

Layanan Penambahan Program Studi

Sebelum menggunakan layanan Penambahan program studi, penting untuk diketahui bahwa pengiriman dokumen usulan penambahan program studi pada perguruan tinggi ditujukan kepada Ditlemkerma melalui dokumen/hardcopy dan online/daring.

Dokumen/hardcopy yang terdiri dari:

  1. Usul penambahan prodi;
  2. SK Menkumham tentang pengesahan legalitas Badan Penyelenggara (khusus untuk PTS);
  3. Surat Menkumham tentang penyesuaian Badan Penyelenggara, jika Badan Penyelenggara melakukan penyesuaian atau perubahan (khusus untuk PTS);
  4. Rekomendasi L2 Dikti; dan
  5. Rekomendasi senat Perguruan Tinggi;

Dikirimkan kepada Ditlemkerma dengan cap basah dan diterima sebelum bulan Mei. Ditlemkerma akan membatalkan penilaian proposal penambahan prodi apabila dokumen/hardcopy, seperti tersebut di atas, yang telah dikirimkan oleh Pimpinan Perguruan Tinggi (khusus PTS diketahui oleh Pimpinan yayasan) setelah diverifikasi tidak sesuai dengan data-data usulan yang telah dimasukkan dalam www.silemkerma.dikti.go.id oleh Pimpinan Perguruan Tinggi atau Ketua Badan Penyelenggara.

Sedangkan dokumen lainnya yang diusulkan secara online/daring dalam format pdf dapat dibaca melalui link di masing-masing jenis program studi di bawah ini :